Sedang Ramai Di Tiktok, Apa Itu Permainan Roleplay dan Download Contoh Game nya

 



Ilustrasi Roleplay : https://cannibalhalflinggaming.com/2019/09/17/freeform-dramatic-roleplay/

Sedang Ramai di Media dan Sosial Media Tiktok...Apa Itu Game Rolaplay?


     Belakangan Publik Sedang dihebohkan dengan maraknya anak anak  bermain Game Roleplay di Sosial Media Tiktok...Jadi sebenarnya apakah itu Game Roleplay? Roleplay adalah salah satu genre Game dimana Player nantinya akan memainkan peran dalam Game tersebut bersama dengan sekelompok orang lainnya. 

    Di dunia Tiktok, mereka dikenal dengan istilah "Roleplayer" sebagai pemeran dari karakter karakter yang ada di Role Permainan tersebut, seperti peran Ayah, Ibu, Anak dll. Jadi mereka akan bermain peran fiksi untuk berinteraksi dengan roleplayer lain di Tiktok. Cara memainkannya pun cukup bervariasi, diantaranya dengan mem follow akun dengan istilan "mutualan".

Apakah Game Roleplay Bermanfaat Atau Berbahaya?

    Pada Dasarnya Roleplay bukanlah hal baru, terutama bagi anak anak, dikarenakan roleplay sudah ada dari jaman dulu dimana anak anak biasa bermain peran dengan teman temannya. Tentunya ada sisi manfaat dimana anak anak bermain peran yang positif, misalkan sebagai penjual dan pembeli sehingga bisa berimajinasi apa yang akan dilakukan ketika sudah dewasa, atau sebagai karyawan dan Pimpinan perusahaan, dimana anak anak bisa melatih imajinasi kondisi apa yang akan dilakukan ketika menjadi Karyawan maupun Pimpinan Perusahaan.

    Namun Game Roleplay juga memiliki sisi negatif, apabila peran yang dimainkan merupakan peran yang tidak baik, karena dapat merusak kejiwaan anak anak dan dapat terbawa ke peran tersebut. Misalkan ketika anak anak bermain peran dimana melibatkan unsur perkelahian antara "Super Hero dan Musuh" itu dapat memicu anak anak terbawa ke karakter tersebut dan mengganggu kejiwaan nantinya. Contoh lainnya apabila anak anak bermain peran sebagai "Petarung MMA" tentu nya akan sangat berbahaya, atau misal memainkan peran sebagai sepasang kekasih, atau suami istri, dimana umur mereka yang masih anak anak terlalu dini untuk mendalami hal hal tersebut.

    Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa Game Roleplay memiliki sisi negatif dan positif tergantung peran apa yang mereka mainkan. Ada baiknya orang tua mengawasi penggunaan Gadget anak nya apakah digunakan dengan baik ataupun buruk, sebaiknya arahkan anak anak untuk bermain game game edukatif yang dapat meransang pertumbuhan otak mereka sehingga akan menjadi output yang positif bagi anak anak kedepannya.


Contoh Game Roleplay

1. Genshin Impact Download




2. Final Fantasi Download




3. The Sims Download


Contoh Game Edukasi

1. Game Edukasi TK dan Paud Download



2. Game Edukasi Mengenak Hewan Download




3. Game Edukasi Menulis dan Menggambar Download






Komentar